Saturday, April 25, 2015

Cara menginput data barang masuk dan data barang keluar

  No comments
11:34 PM

Kemudahan dari aplikasi ini adalah semua laporan yang dibutuhkan diperoleh dari sebagian besar dua aktifitas rutin berupa melakukan transaksi data barang masuk dan melakukan transaksi data barang keluar.

A. Data Barang Masuk
Pilih Menu Barang>Masuk
Sumber data : Berita acara barang masuk/ bukti penerimaan barang dan lampiran data barangnya. Dalam dokumen tersebut paling tidak memuat asal barang (supplier), tanggal penerimaan, nama dan jenis barang beserta harga, jumlah barang, nomor bukti penerimaan dan nomor pesanan beserta tanggal pemesanan/ permintaan. Lebih lengkapnya dapat dilihat pada penjelasan sebelumnya disini. Data tersebut akan dijadikan data input pada data barang masuk.




















1. Pilih nama supplier/ rekanan dengan mengetikkan nama pada kolom rekana kemudian pilih pada tabel yang muncul dengan klik pada tabel tersebut. Jika data supplier atau rekanan belum ada, bisa ditambahkan pada Menu Rekanan.
2. Pilih nama barang pada tabel dengan  klik pada tabel tersebut. Nama barang akan muncul pada nomor 3. Untuk mempermudah pencarian nama barang, bisa dilakukan dengan mengetikan nama barang pada kolom cari.
3. Pada kolom 'QTY' isikan jumlah barang yang akan diinputkan kemudian klik tombol tambah pada nomor 4, nama barang akan muncul pada tabel nomor 5.
4. Tombol ini berfungsi menambah barang pada tabel nomor 5.
5. Klik pada tabel ini akan memunculkan nama barang pada kolom di bawahnya.
6. Tombol nomor 6 berfungsi untuk menghapus pilihan yang sudah diklik pada tabel nomor 5.
7. Pada kolom nomor 7 akan muncul total harga barang yang akan diinputkan.
8. Kolom nomor 8 berupa isian nomor surat pesanan beserta tanggal surat pesanan atau surat permintaan sesuai SPJ atau bukti penyerahan.
9. Kolom nomor 9 berupa isian nomor Berita Acara penyerahan dari panitia pemeriksa kepada penyimpan barang beserta tanggal penyerahannya.
10. Jika data sudah sesuai, data bisa dimasukkan ke dalam database aplikasi dengan memilih tombol 'Proses'. Tombol 'Batal' untuk membatalkan data yang akan diinput.

B. Data Barang Keluar
Pilih Menu Barang>Keluar
Sumber data : dapat berupa berita acara barang keluar, nota barang keluar, atau buku permintaan barang keluar. Data yang ada di bukti tersebut setidaknya memuat : tanggal barang keluar, nama barang dan jumlah barang keluar, dan nama staf yang meminta. Lebih lengkapnya dapat dilihat pada penjelasan sebelumnya disini. Data tersebut akan dijadikan data input pada data barang keluar.
1. Pilih nama staf dengan mengetikkan nama staf pada kolom ini, data nama yang sesuai akan muncul pada tabel secara otomatis, kemudian klik pada tabel tersebut. Jika nama belum ada, bisa ditambahkan pada Menu Staf>Staf.
2. Pilih nama barang pada tabel nomor 2, nama barang yang diklik akan muncul pada kolom di bawahnya. Untuk mempermudah pencarian, dapat diketik pada kolom 'CARI' .
3. Isikan jumlah barang yang keluar pada isian kolom 'QTY'.
4. Klik tombol 'Tambah' untuk menambahkan daftar barang yang keluar yang akan muncul pada tabel nomor 6.
5. Tombol 'Cetak' berguna untuk mencetak histori barang (keluar dan masuk barang) sebagaimana format kartu barang terhadap nama barang yang sudah diklik pada tabel nomor 2.
6. Tabel nomor 6 berisi daftar barang yang akan dikeluarkan, klik nama barang pada tabel ini akan muncul pada kolom di bawahnya.
7. Tombol 'Hapus' berfungsi untuk menghapus barang yang sudah dipilih pada tabel nomor 6.
8. Pada kolom ini memuat jumlah total harga barang yang akan dikeluarkan.
9. Pemilihan tanggal keluar dilakukan dengan mengklik pilihan ini.
10. Setelah semua isian lengkap, selanjutnya pilih tombol 'Proses' untuk mengeksekusi transaksi ke dalam database aplikasi. Tombol 'Batal' berfungsi untuk membatalkan transaksi yang akan diproses.

Read More

Cara mencetak laporan

  No comments
11:05 PM

Laporan yang ditampilkan dalam aplikasi sudah bisa memenuhi standar kebutuhan Penyimpan Barang SKPD.
Laporan yang dapat ditampilkan dari aplikasi ini adalah :
a. Laporan penerimaan, penyaluran dan stok persediaan
b. Berita acara stok sisa barang pakai habis
c. Daftar pengadaan Barang (Lampiran 4)
d. Buku Penerimaan Barang (Lampiran 8)
e. Buku Pengeluaran Barang (Lampiran 9)
f. Buku Barang Pakai Habis (Lampiran 11)
g. Kartu Barang (Lampiran 12)
h. Kartu Persediaan Barang (Lampiran 13)
i. Laporan Semesteran (Lampiran 15)
j.  Data Barang per Lokasi
k. Berita Acar Stok Opname
l. Rincian barang keluar dan masuk
m. Laporan barang yang akan ED / kadaluarsa.




Semua laporan dapat dicetak berdasarkan bulan atau berdasarkan pilihan untuk jenis barang (kartu barang dan kartu persediaan barang). Setiap laporan yang dicetak dapat ditampilkan dalam output berformat pdf, doc,xls,jpg, dan bmp.
Cara mencetak laporan pada aplikasi ini adalah dengan mengklik tombol cetak, untuk mengekspor laporan dalam format yang diinginkan dapat memilih pada opsi bergambar disket pada print preview seperti ditampilkan pada gambar di bawah ini.


Read More

Cara Setting Kertas Folio

  No comments
2:19 AM

Berhubung semua report yang ada di aplikasi ini disetting menggunakan kertas folio/F4 (ukuran 8,5 x 13 Inch atau 21,5 x 33 cm) dan untuk printer tertentu tidak ada setting kertas tersebut, maka perlu dilakukan setting sebagai berikut :
1. Setting pada Printer Default.
Pastikan printer default dapat disetting menggunakan kertas Custom. Untuk melakukannya dapat dikerjakan dengan langka sebegai berikut :
a. Buka setting properties Printer dengan cara membuka pada komputer/ laptop : Start>Printers and Faxes. Klik kanan pada printer default kemudian pilih Printer Properties.
Pastikan pada Tab General kemudian Paper available terdapat ukuran Folio atau 8x13 Inch, untuk printer dotmatrix biasanya bisa memilih ukuran German Legal Fanfold seperti pada gambar berikut :
























b. Jika tertulis masih ukuran A4 atau Letter, maka bukalah Tab Advanced kemudian pilih tombol Printing Defaults seperti pada gambar berikut :



















Pilihlah Custom Paper untuk menambahkan ukuran kertas baru, kemudian simpan nama kertas tersebut misalnya 'Folio'. Untuk printer tertentu jika tidak dapat dilakukan, pilih saja ukuran Legal, biasanya printer Canon tidak dapat menyimpan ukuran kertas Custom. Untuk printer HP Laser dan Epson bisa untuk simpan Custom.



















Kemudian OK, Apply dan OK dan OK lagi.

2. Setting pada aplikasi.
Pada aplikasi, cukup dengan membuka menu Utility, kemudian pada submenu ID tinggal klik Set Kertas. Pastikan anda membuka aplikasi dengan hak akses administrator ketika membuka aplikasi (Klik kanan run as administrator)

Read More

Download dan cara Install Aplikasi (Update 12082015)

  No comments
1:42 AM


OS yang didukung oleh aplikasi ini adalah Windows dengan kompatibilitas 32 bit maupun 64 bit. Jika terjadi permasalahan register ocx dapat diselesaikan pada link berikut.
Syarat lain yang harus dipenuhi antara lain :
1. Pastikan mempunyai hak akses sebagai administrator pada komputer / laptop yang akan diinstall.
2. Harus tersedia drive/ partisi C dan D pada komputer / laptop yang akan diinstall.
3. Drive C adalah partisi OS untuk install aplikasi, sedangkan drive D digunakan nantinya untuk install database aplikasi.


Tampilan awal Instalasi Aplikasi Persediaan

















Klik Install hingga proses instalasi selesai. Setelah itu akan muncul Shortcut "Aplikasi Persediaan" pada Desktop.

Tampilan awal instalasi database persediaan
















Klik hingga proses selesai, setelah itu akan terdapat folder MYSQLKU pada drive D.

Tampilan awal konektor ODBC
















Klik hingga proses selesai.

Setelah semua proses selesai, user dapat melakukan login dengan memilih Shortcut "Aplikasi Persediaan.exe" pada Desktop.
Tampilan pada Desktop :


Setelah dipilih akan keluar menu Login seperti gambar di bawah ini :








Username awal adalah 1 dan password adalah 1.
Selanjutnya user dapat mengoperasikan aplikasi ini.
Untuk selanjutnya dapat melakukan registrasi sesuai link berikut.

Untuk mendownload aplikasi ini silakan buka link di bawah ini :
1. Setup Aplikasi Persediaan untuk windows 32 bit dapat didwonload disini.
    Setup Aplikasi Persediaan untuk windows 64 bit dapat didwonload disini.
2. Setup Database Persediaan dapat didownload disini.
3. Konektor ODBC 5.1 dapat didownload disini.

 Sebelum melakukan download dan install aplikasi, WAJIB BAGI ANDA MEMBACA LINK BERIKUT.

Read More

Friday, April 24, 2015

Fitur aplikasi

  No comments
10:24 PM

Aplikasi Persediaan dimaksudkan untuk mempermudah penyimpan barang SKPD dalam melakukan pengadministrasian barang persediaan dan pakai habis ,melalui cara sederhana yaitu cukup melakukan aktifitas input barang dan keluar barang, maka laporan yang dibutuhkan dapat dibuat dari 2 aktifitas ini.
Laporan yang dapat ditampilkan dari aplikasi ini adalah :
a. Laporan penerimaan, penyaluran dan stok persediaan
b. Berita acara stok sisa barang pakai habis
c. Daftar pengadaan Barang (Lampiran 4)
d. Buku Penerimaan Barang (Lampiran 8)
e. Buku Pengeluaran Barang (Lampiran 9)
f. Buku Barang Pakai Habis (Lampiran 11)
g. Kartu Barang (Lampiran 12)
h. Kartu Persediaan Barang (Lampiran 13)
i. Laporan Semesteran (Lampiran 15)
j.  Data Barang per Lokasi
k. Berita Acar Stok Opname
l. Rincian barang keluar dan masuk
m. Laporan barang yang akan ED / kadaluarsa.

Fitur lain yang disediakan aplikasi ini adalah :
1. Mudah dalam pengoperasian.
2. Impor data bisa langsung dari file excel sehingga user tidak repot menginput data awal.
3. Semua laporan dapat diekspor ke dalam bentuk PDF, Microsoft Word (doc), Microsoft Excel (xls), dan Image (jpg,bmp,png,dll).
4. Memiliki fitur Backup dan Restore sehingga data dapat disimpan sewaktu-waktu dengan ukuran file sangat kecil.

Read More

Impor Data Awal dari Excel

  No comments
9:51 PM

Impor data dimaksudkan untuk mempermudah user dalam menginput data awal yang akan digunakan sebagai stok awal aplikasi. User tidak perlu menginput satu per satu data awal pada aplikasi, tetapi cukup dengan melakukan impor data pada aplikasi dari format excel yang sudah disediakan oleh aplikasi.
Langkah- langkah dalam melakukan impor data awal dari excel sebagai berikut :
1. Pilih Menu Utility , kemudian pilih Submenu Stok Awal



2. Pilih tombol pada 'EKSPOR TEMPLATE EXCEL'. Pilih direktori sebagai tujuan file template.xls untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan.
3. Buka file template.xls tersebut kemudian copy paste data ke dalam file template.xls kumudian simpan.
Penjelasan file template.xls :
a. Pada baris pertama terdapat header : id, nm_brg, hrg_brg, sat_brg, stok, id_kat_brg, merk, kuota, ed, dan lokasi. Jangan hapus atau ganti urutan text ini karena sebagai penanda data untuk dicopy ke dalam file database aplikasi.
b. id : adalah id barang, isikan dengan urut 1, 2, dst ....
c. nm_brg : adalah nama barang
d. hrg_brg : adalah harga barang
e. sat_brg : adalah satuan barang
f. stok : adalah stok atau banyaknya barang berdasarkan satuan barang.
g. id_kat_brg : adalah urutan kategori barang, perhatikan pada Menu Barang>Kategori. Jika barang tersebut adalah ATK maka id_kat_brg adalah 1, Benda Pos maka id_kat_brg adalah 2, dst..
h. merk_brg : adalah merk barang.
i. kuota : adalah banyaknya kuota yang disediakan dalam DPA APBD, isikan 1000000 jika kuota tidak diketahui atau tak terhingga.
j. ed : adalah tanggal kadaluarsa. Isikan dengan format dd/mm/yyyy contoh 31/12/2016. Setiap barang harus ada tanggal ed nya. jika tidak ada, isikan saja dengan tanggal 31/12/2050.
k. lokasi : adalah id lokasi, contohnya sama dengan id_kat_brg, lihat di menu Barang>Lokasi.
Setelah diisi semua, simpan file tersebut.
4. Pada aplikasi Utility>Stok Awal, pilih 'PILIH NAMA FILE EXCEL' kemudian pilih nama file template.xls yang sudah diisi tadi.
5. Tunggu hingga proses selesai dan pilih tombol "Proses " untuk menambahkan data stok awal pada aplikasi.
6. Cocokkan  dengan data manual (file excel anda) jumlah barang dan harganya apakah sudah sesuai pada menu Utility>Edit Barang Masuk.

Read More

Tuesday, April 21, 2015

Cara Install ODBC

  No comments
11:25 PM

Apa itu ODBC ?
Adalah sebuah standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data. Standar ini menyediakan API yang dapat digunakan untuk menjalankan dan mengoneksikan sebuah aplikasi dengan sebuah sistem manajemen basis data (SMBD). Para desainer ODBC membuatnya dengan tujuan agar ODBC terbebas dari penggunaan bahasa pemrograman tertentu, sistem manajemen basis data tertentu, dan sistem operasi tertentu. (Wikipedia).
Intinya ODBC wajib diinstall dalam penggunaan aplikasi ini untuk menghubungkan aplikasi dengan database (MySQL).
Penginstalannya cukup mudah, syaratnya yaitu file ODBC nya sudah didownload dan pastikan anda mempunyai hak akses sebagai administrator.
Berikut jika hendak menyimak video instalasi ODBC.


Read More